Minggu, 06 Oktober 2013

EBC ( E-Business and E-Commerace)





EBC ( E-Business and E-Commerace)


PENDAHULUAN
Kemajuan teknlogi saat ini bisa dikatakan berkembang pesat. Salah satunya dapat dilihat dalam perkembangan internet. Internet saat ini dapat digunakan oleh berbagai kalangan baik itu pembisnis, dokter, ataupun orang yang tidak bekerja sekalipun. Dengan adanya internet banyak pekerjaan manusia yang terbantukan. Salah satunya dalam hal belanja dulu belanja kita lakukan dengan mendatangi sebuah toko dan transaksi dilakukan di tempat tersebut. Namun dengan berkembangnya teknologi internet sekarang ini terciptalah e-commerce dan e-business yang sangat membantu Penjual dan juga Pembeli, karena penjual dapat mempromosikan barang dagangannya dengan lebih mudah dan bagi pembeli dapat mempersingkat waktu karena transaksi ataupun pemilihan terhadap barang yang dijual dapat dilakukan dimanapun tanpa harus mendatangi lokasi tempat toko tersebut. 

TEORI
1. Apa itu E-Commerce dan E-Business?
E-Commerce merupakan transaksi bisnis melalui internet dimana pihak-pihak yang terlibat melakukan penjualan dan pembelian. Transaksi yang terjadi pada e-commerce pada umumnya melibatkan pengalihan atau penyerahterimaan kepemilikan dan hak atas sebuah produk atau jasa. Secara teknis, e-commerce merupakan bagian dari e-business. Berdasarkan definisi e-business yaitu semua transaksi bisnis online, termasuk penjualan secara langsung kepada konsumen, transaksi dengan produsen dan pemasok dan interkasi dengan mitra bisnis. E-commerce pada prinsipnya melibatkan pertukaran uang dalam transaksi. E-business bisa dikatakan lebih luas lagi, tidak terbatas pada transaksi yang bersifat keuangan melainkan semua aspek dalam bisnis seperti pemasaran, perancangan produk, manajemen pemasokan dsb. Dalam pembuatan e-commerce tidak mutlah menggunakan e-commerce tapi harus melalui CMS dan database untuk menginstalnya karena e-commerce ini merupakan proses dan penamaan saja. Di internet banyak software CMS dan database yang open source sebagai pendukung dalam e-commerce diantaranya :
·         Magneto
·         Fortune3
·         Oxid esales
·         Prestashop
·         Digistore
·         OpenCart
·         Freeway, dll

Dibawah ini terdapat pengertian dari beberapa Ahli tentang E-commerce :

  • ·         Pengertian E-commerce menurut Yuan Gao adalah penggunaan jaringan komputer unutk melakukan komunikasibisnis dan transaksi
  • ·         Pengertian E-commerce menurut Mariza Arfina dan Robert Marpaung suatu cara berbelanja atau berdagang secara online atau direct selling yang memanfaatkan fasilitas internet dimana terdapat website yang dapat menyediakan layanan “get and deliver"
  • ·         Pengertian E-commerce menurut David Baum adalah satu set dinamis teknologi, aplikasi, dan proses bisnis yang menghubungkan perusahaan, konsumen dan komunitas tertentu melalui transaksi elektronik dan perdagangan barang, pelayanan dan informasi yang dilakukan secara elektronik.
  • ·         Pengertian E-commerce menurut Roger Clarke adalah tata cara perdagangan barang dan jasa yang menggunakan media telekomunikasi dan telekomunikasi sebagai alat bantunya
  • ·         Pengertian E-commerce menurut Robert E. Johnson,III adalah suatu tindakan melakukan transaksi bisnis secara elektronik dengan menggunakan internet sebagai media komunikasi yang paling utama
  • ·         Pengertian E-commerce menurut Gary Coulter dan John Buddemeir adalah berhubungan dengan penjualan, periklanan, pemesanan produk yang semuanya dikerjakan melalui internet.
  • ·         Pengertian E-commerce menurut Kalakota dan Whinston adari beberapa perspektif :

1. perspektif komunikasi         : pengiriman informasi, produk/jasa, atau pembayaran melalui jaringan telepon, atau jalur komunikasi lainnya.

2. perspektif proses bisnis       : aplikasi teknologi menuju otomatisasi transaksi bisnis dan work flow.

3. prespektif pelayanan           : alat yang digunakan untuk mengurangi biaya dalam pemesanan dan pengiriman barang.

4. prespektif online                 : menyediakan kemampuan untuk menjual dan membeli produk serta informasi melalui internet dan jaringan jasa online lainnya.

Dibawah ini terdapat pengertian dari beberapa Ahli tentang E-business :
  • ·         Pengertian E-business menurut Steven Alter : praktek pelaksanaan dan pengelolaan proses bisnis utama seperti peracangan produk, pengelolaan pasokan bahan baku, manufaktur, penjualan, pemenuhan pesanan dan penyediaan servis melalui penggunaan teknologi komunikasi, komputer dan data yng telah terkomputerisasi.
  • ·         Pengertian E-business menurut Sid L. Huff : e-business meliputi semua hal yang harus dilakukan menggunakan yeknologi informasi dan komunikasi untuk melakukan kegiatan bisnis antar organisasi maupun dari organisasi ke konsumen.

  • ·         Pengertian E-business menurut Kenneth C. Laudon : penggunaan internet dan teknologi digital lainnya untuk komunikasi, koordinasi dan manajemen organisasi
  • ·         Pengertian E-business menurut Samantha Shurety : mengenai penggunaan teknologi internet untuk melakukan transformasi proses bisnis yang dilakukan.
  • ·         Pengertian E-business menurut Daniel Amor : menghubungkan sistem teknologi informasi tradisional dengan internet akan menjadi sebuah e-business.
  • ·         Pengertian E-business menurut SearchCIO : mengelola bisnis di internet yang terkait dengan pembelian, penjualan, pelayanan terhadap konsumen, dan kolaborasi antar rekan bisnis.

Manfaat Menggunakan E-Commerce dalam Dunia Bisnis

Manfaat dari digunakannya E-Commerce ini adalah dapat menekan biaya barang dan jasa, serta dapat meningkatkan kepuasan konsumen sepanjang yang menyangkut kecepatan untuk mendapatkan barang yang dibutuhkan dengan kualitas yang terbaik sesuai dengan harganya. Order cycle sebuah bisnis yang tadinya memakan waktu 30 hari, waktunya bisa dipercepat yakni bisa 5 hari saja. Proses yang cepat tentunya akan menigkatkan pendapatan.
Berbelanja atau melakukan transaksi perdagangan melalui internet sangat berbeda dengan berbelanja atau melakukan transaksi perdagangan di dunia nyata. Dengan E-Commerce memungkinkan kita bertransaksi dengan cepat dan biaya yang murah tanpa melalui proses yang berbelit-belit, di mana pihak pembeli (buyer) cukup mengakses internet ke website perusahaan yang mengiklankan produknya di internet, yang kemudian pihak pembeli (buyer) cukup mempelajari term of condition (ketentuan-ketentuan yang diisyaratkan) pihak penjual. 

Manfaat E-bussines bagi Perusahaan, Custome

Bagi Perusahaan

• Memperluas pasar hingga mencakup pasar nasional dan pasar global, sehingga perusahaan bisa menjangkau lebih banyak pelanggan, memilih pemasok terbaik, dan menjalin relasi dengan mitra bisnis yang dinilai paling cocok.
• Menekan biaya menyusun, memproses, mendistribusikan, menyimpan, dan mengakses informasi berbasis kertas (paperbased information).
• Memungkinkan perusahaan mewujudkan bisnis yang sangat terspesialisasi.
Contohnya: www.dogtoys.com, www.cattoys.com, dan www.pawprintbooks.com
• Menekan biaya persediaan dan overhead dengan cara memfasilitasi manajemen rantai nilai bertipe “pull”, yang prosesnya berawal dari pesanan pelanggan dan menggunakan pemanufakturan just-intime (JIT).
• Memungkinkan perusahaan untuk menerapkan mass customization terhadap produk dan jasanya.
• Menekan waktu antara pembayaran dan penerimaan produk/jasa.
• Meningkatkan produktivitas karyawan melalui rekayasa ulang proses bisnis.
• Menekan biaya telekomunikasi.
• Manfaat-manfaat lainnya, seperti citra yang lebih baik, layanan pelanggan yang lebih bagus, proses yang lebih sederhana, mitra bisnis yang baru, waktu siklus dan pengiriman yang lebih singkat, akses terhadap informasi yang lebih luas, biaya transportasi yang lebih murah, dan fleksibilitas yang lebih tinggi.
• Fenomena jejaring (internetworking) memaksa perusahaan untuk bekerja sama dengan berbagai mitra bisnis untuk dapat menawarkan produk atau jasa secara kompetitif, sehingga kontrol kualitas, harga, dan kecepatan penciptaan sebuah roduk atau jasa kerap sangat ditentukan oleh faktorfaktor luar yang tidak berada di dalam kontrol perusahaan

Bagi Customer

• Memungkinkan konsumen berbelanja atau melakukan transaksi lainnya setiap saat (24 jam sehari) dan dari hampir semua lokasi.
• Memberikan pilihan produk dan pemasok yang lebih banyak kepada pelanggan.
• Memungkinkan konsumen dalam mendapatkan produk dan jasa yang lebih murah, karena konsumen bias berbelanja di banyak tempat dan melakukan perbandingan secara cepat.
• Dalam beberapa kasus, terutama produk yang terdigitalisasi, e-business memungkinkan pengiriman produk secara cepat dan real-time.
• Memungkinkan pelanggan untuk berpartisipasi dalam lelang virtual.
• Memungkinkan pelanggan berinteraksi dengan pelanggan lainnya dalam electronic communities dan saling bertukar gagasan serta pengalaman.
• Memfasilitasi kompetisi yang mengarah pada diskon substansial bagi pelanggan.
  

ANALISIS
Menurut pengalaman saya dengan adanya E-commerce ini sangat membantu para pembeli atau penjual. Seperti yang saya lihat pada usaha yang dimiliki oleh saudara saya dengan adanya E-commerce sangat membatu saudara sebagai pihak penjual karena promosi dapat dilakukan dengan mudah diantaranya dengan menggunakan media social ataupun website dan untuk pembeli sangat terbantu terutama dari segi waktu karena seperti yang kita tahu masyarakat saat ini sangat sibuk namun keinginan akan memiliki sebuah barang sangat tinggi maka dengan adanya hal tersebut mereka dapat terbantu karena pemesanan dapat dilakukan dimanapun mereka berada dan ketika terjadi kata sepakat maka akan dilakukan transfer dan barang akan dikirim ke tempat mereka. Namun semua hal pasti ada sisi positif ataupun negatifnya dan menurut saya sisi negatif dari hal ini adalah yang pertama banyaknya penipuan yang sering terjadi dimana pembeli sudah sepakat dan uang dikirmkan namun barang yang diinginkan tidak sampai dan tempat jualan tersebut tidak dapat dihubungi yang kedua barang yang kita beli bisa saja terdapat cacat karena kita tidak bisa melihat langsung barang yang kita inginkan, sangat beruntung jika tempat barang yang kita beli menerima refund jika tidak maka kita bisa saja mengalami kerugian karena barang yang kita beli tidak diterima dengan keadaan yang baik dan mulus.

REFERENSI



Tidak ada komentar:

Posting Komentar