Senin, 11 November 2013

CORPORATE INFORMATION MANAGEMENT



CIM ( Corporate Information Management )

PENDAHULUAN
Dengan perkembangan teknologi yang saat ini bisa dikatakan berkembang pesat sangat membantu masyarakat dan perkantoran. Salah satunya dalam bidang Manajemen Informasi dalam perusahaan yang biasa dikerjakan oleh manajer. Dahulu sebelum adanya teknologi ketika manajer membutuhkan data mentah yang diperlukan maka pegawai akan memberikan dalam bentuk hardcopy namu dengan adanya perkembangan teknologi maka data mentah itu dapat dikirim dengan menggunakan email sehingga lebih simple dan lebih memudahkan dalam pengerjaanya, ketika pendistribusiannya ke semua orang di perusahaanpun dapat dilakukan dengan mudah karena hanya dengan mengirimkan ke email masing-masing orang yang berada di perusahaan tidak harus membuat hardcopynya yang sangat banyak dan membuang waktu untuk mencetaknya.

TEORI
1. Apa itu CIM ?
CIM merupakan singkatan dari Corporate Information Management atau sering disebut juga Manajemen Informasi Perusahaan. Di setiap perusahaan memiliki dan membutuhkan berbagai informasi yang diperlukan untuk kelangsungan perusahaan tersebut. Informasi-informasi tersebut diatur dan dikelola dengan baik agar bisa terjaga secara utuh, terstruktur dan aman. Dalam sebuah perusahaan, orang yang memimpin disebut manajer, manajer bertanggung jawab merencanakan, mengorganisir, mengontrol semua sumber daya dan mengarahkan orang ke dalam organisasi yang produktif dan bersatu. Manajemen itu sendiri merupakan proses yang melibatkan semua kegiatan pengambilan keputusan, koordinasi upaya kelompok dan kepemimpinan, fungsi dari manajemen itu sendiri adalah menggabungkan sumber daya manusia, materi, uang, metode, mesin dan moral untuk mencapai tujuan suatu perusahaan. Fungsi tersebut mencakup beberapa hal yaitu faktor ekonomi, sumber daya manusia, materi dan mengarahkan orang.  Dari penjelasan tersebut maka CIM adalah pengelolaan informasi pada suatu korporasi/organisasi dimana suatu korporasi memiliki sebuah tujuan sehingga suatu korporasi harus melakukan pengelolaan terhadap sistem informasi.
Kualitas informasi tergantung dari 3 hal, yaitu:
  • Akurat yang artinya informasi tersebut tidak memiliki kesalahan dan sudah benar secara arti sehingga tidak bisa menyesatkan bagi penggunanya.
  • Tepat pada waktunya yang artinya suatu informasi harus diberikan tepat pada waktunya dan tidak boleh terlambat.
  • Relevan yang artinya berarti informasi tersebut memiliki korporasi kegunaan untuk penggunanya.
Berikut ini contoh Sistem Informasi pada suatu korporasi :
  • ·         Sistem informasi akuntasi, menyediakan informasi mengenai transaksi keuangan.
  • ·         Sistem informasi penjualan, menyediakan informasi untuk penjualan, promosi penjualan dan kegiatan-kegiatan pemasaran.
  • ·         Sistem informasi manajemen persediaan
  • ·         Sistem informasi personali
  • ·         Sistem informasi distribusi
  • ·         Sistem informasi teknik
Manajemen Informasi dibutuhkan di perusahaan dikarenakan :
Setiap perusahaan pasti akan membutuhkan yang namanya manajemen informasi, hal ini disebabkan :
  • ·         Meningkatnya kompleksitas tugas manajemen
o   pengaruh ekonomi
o   perkembangan teknologi dunia yang semakin pesat
o   semakin sempitnya kerangka waktu bagi para manajer untuk mengambil keputusan
  • ·         Keinginan untuk menggunakan peralatan pemecahan masalah yang lebih baik
Dari uraian di atas dapat diambil kesimpulan bahwa CIM merupakan sebuah proses :
  • ·         Pembentukan strategi
  • ·         Perencanaan pasokan untuk kebutuhan informasi masa depan
  • ·         Meningkatkan nilai utilitas sumber daya informasi yang tersedia
  • ·         Menghilangkan informasi yang berlebihan
  • ·         Memastikan kepatuhan terhadap undang-undang
  • ·         Mengingkatkan laba atas investasi di teknologi informasi

2. Pengertian Corporate Manajement Information menurut para ahli
- Koontz dan Donnel menjelaskan bahwa CIM adalah terlaksananya pekerjaan melalui orang-orang lain)
- Millet menjelaskan bahwa CIM adalah proses memimpin dan melancarkan pekerjaan dari orang-orang yang terorganisir secara formal sebagai kelompok untuk memperoleh tujuan yang diinginkan
- Davis menjelaskan bahwa CIM adalah fungsi dari setiap kepemimpinan eksekutif dimananpun)
- Kimball menjelaskan bahwa CIM adalah semua tugas dan  fungsi yang meliputi penyusunan sebuah perusahaan, pembiayaan, penetapan garis-garis besar kebijaksanaan, penyediaan semua peralatan yang diperlukan dan penyusun kerangka organisasi serta pemilihan para pejabat terasnya.
- Henri Fayol menjelaskan bahwa CIM adalah cara yang digunakan untuk mengelola sesuatu guna memprediksi, merencakan, mengatur, memerintah, mengkoordinasikan, serta mengendalikan
- Peter Drucker menjelaskan bahwa CIM adalah organ yang memiliki banyak tujuan untuk mengelola bisnis serta mengelola manajer dan juga mengelola pekerja dan bekerja.

ANALISIS
Menurut pendapat saya dengan adanya Corporate Information management sangat penting di dalam sebuah perusahaan dan juga membantu sebuah organisasi atau korporasi dalam hal mengelola, mengumpulkan ataupun mendistribusikan  suatu hal. Seperti yang saya baca dari beberapa refrensi bahwa dengan adanya CIM itu sangat membantu sebuah perusahaan untuk mendapatkan apa yang mereka butuhkan untuk perusahaan tersebut. Namun CIM tetap harus di perhatikan agar tidak terjadi kesalahan ketika di lakukan.

REFRENSI